LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGADAAN ALAT KESEHATAN

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGADAAN ALAT KESEHATAN

Praktik klinik kebidanan merupakan progam pembelajaran di lahan praktik baik di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, maupun BPM yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam menerapkan serta mengukur kemampuannya selama belajar di dalam kelas. Kegiatan Alat Kesehatan ini bertemakan “Medical devices as a characteristic of medical personnel”  dengan tujuan  dari tema ini yaitu untuk menonjolkan ciri khas sebagai seorang calon tenaga medis seperti seorang bidan sehingga dapat memperkuat karakter jiwa penolong. Diharapkan nantinya dapat menghasilkan lulusan Polkesmar Kebidanan Magelang yang bermutu, unggul dan berkualitas.Pengadaan alat kesehatan adalah salah satu cara untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam skill praktik laboratorium. Kegiatan ini diharapkan sebagai langkah awal agar mahasiswa semangat dalam belajar serta untuk membantu dan mempermudah mahasiswa dalam mengenal sebagian alat alat medis kebidanan.Metode Pembelajaran Praktik pada Prodi Kebidanan Magelang dilakukan dengan menerjunkan mahasiswa untuk melakukan praktik di Puskesmas, PMB maupun Rumah sakit. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Kebidanan Magelang mengadakan Alat kesehatan dalam rangka mengukur kemampuan dalam kegiatan praktik lapangan. kegiatan ini berlandaskan

  1. Pedoman pelaksanaan Organisasi Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang BAB VII Pasal 37 A tentang tugas dan wewenang Himpunan Mahasiswa yaitu merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai
  2. dengan program yang dikembangkan oleh masing-masing prodi dan jurusan.
  3. Hasil Persidangan kerja sesuai Pedoman pokok Organisasi Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang BAB IX pasal 46 Ayat 2 Tentang Persidangan di tingkat KBM Poltekkes Kemenkes Semarang terdiri atas persidangan kerja, Sidang Istimewa, Kongres Tingkat Tinggi, dan Musyawarah Besar.

Jenis kegiatan yang dilaksanakan berupa penjualan Alat Kesehatan :

  1. Stetoskop
  2. Tensimeter Aneroid
  3. Termometer
  4. Pen Light
  5. Refleks Hammer
  6. Auto Check 3 in 1

Metode yang digunakan selama kegiatan ini berlangsung secara Luring pada Hari, tanggal Pelaksanaan Kegiatan:

  1. Pemberitahuan Open PO Alat kesehatan : 03 Juli – 09 Agustus 2023
  2. Pendataan dan Pembayaran Alat Kesehatan : 04 Juli – 11 Agustus2023
  3. Pemesanan Alat Kesehatan        : 21 Juli – 11 Agustus 2023

Kegiatan Alat Kesehatan Secara Umum berjalan dengan lancar walaupun sedikit kesusahan saat menemukan toko alat kesehatan yang sesuai dengan  harga konsumen (mahasiswa), bersamaan dengan pemabayaran UKT, untuk kedepannya kegiatan ini akan dipersiapkan dengan maskimal dari segi harga yang sesuai dengan konsumen (mahasiswa) serta menambah banyak relasi/jejaring toko alat kesehatan dan untuk meminimalisir bersamaan pembayaran UKT maka kegiatan pengadaan alat kesehatan dilakukan -21 hari pembayaran UKT harus sudah berjalan.

LAMPIRAN

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGADAAN ALAT KESEHATAN
Scroll to top